Word 2007 dan 2010 – Enkripsi Dokumen Milik Pribadi

Originated By : Gibson

Microsoft Office 2007 Tips

Anda ingin mengenkripsi dokumen untuk alasan keamanan. Namun, Anda tidak menemukan pilihan yang diinginkan tab “Security”.

TIPs Sekarang Anda diberi kemudahan untuk mengakses fungsi enkripsi secara default dengan meng-klik tombol “Office” di saat Anda juga sedang membuka sebuah dokumen. Untuk itu, di dalam aplikasi Microsoft Word 2007, Anda dapat meng-klik tombol “Office” lalu pilih menu “Prepare | Encrypt Documents”. Jika Anda menggunakan aplikasi Word 2010, Anda dapat memilih menu “File | Info | Protect Document”.

Dalam window dialog berikutnya, Anda dapat memasukkan password yang dikehendaki dan klik “OK”. Word akan melakukan konfirmasi dengan menampilkan window pop-up yang meminta Anda untuk memasukkan password kembali dan klik tombol “OK”. Yang perlu diingat, Word bekerja secara case-sensitif dan dokumen akan terlindungi jika sudah Anda simpan.

Selain itu, Anda juga dapat menetapkan hak yang berbeda untuk membaca atau memodifikasi file. Untuk itu, klik tombol “Office | Save As | Word Document” dan pilih lokasi penyimpanan, nama file, dan jenis file. Selanjutnya, klik tombol “Tools” pada bagian bawah dialog ini dan pilih “General Options”. Kini, tentukan password untuk membuka dan memodifikasi dalam kolom “Password to open” dan “Password to modify” lalu konfirmasi dengan meng-klik tombol “OK” dan simpan dokumen tersebut.